Kamis, 22 Mei 2014

Playlist: Klasik

1. Where the Bee Sucks, Elizabeth Schwarzkopf
http://www.youtube.com/watch?v=aBtwGO97lNg&safe=active

Dari semua versi, Elizabeth Schwarzkopf memang paling jos dan saya nggak nemu tandingannya. Aria ini berbau ceria dan jadi lagu pas untuk mengembalikan mood baik :') kalau denger lagu ini saya membayangkan Thumbelina, peri bunga sebesar jempol.

2. Adele's Laughing Song
http://www.youtube.com/watch?v=P2lkXzmcMHg&safe=active

Lagu ini berulang dinyanyikan orang, tapi tetap versi aslinya yang paling penuh tekhnik. Lebih lagi, dia menjiwai betul sehingga terdengar sungguhan kayak orang ketawa yang menyanyi. Kenapa Adele ketawa? Kalau dilihat dari liriknya, Adele adalah cewek berdarah biru yang menyamar jadi pembantu dan majikannya meremehkannya. Tentu saja Adele ketawa, karena tahu siapa dia sebenarnya.

3. Das Tafellied, Brahms
http://www.youtube.com/watch?v=nypGo3d9tU8&safe=active

Lagu ini juga lucu banget. Dengar pembukaannya saja sudah bisa bikin ketawa. Ceritanya tentang para pria yang merayu para wanita di sebuah perjamuan, dan kata para wanita itu dalam hati, "Memangnya kalian pikir kami tidak tahu kalian merayu wanita-wanita lain juga?" Lucunya para wanita itu tetap berpura-pura sopan dan membalas salam mereka, sampai akhirnya mereka disatukan dansa di bangsal besar.

4. Der Tanz, Schubert
http://www.youtube.com/watch?v=zj8zQ2gEN2o&safe=active

Uah, kekayaan yang berlebihan memang bikin merinding. Tapi siapa yang bisa menolak berdansa di ruang dansa megah di bawah kandelir bertahtakan seribu lilin?

5. Flower Duet
http://www.youtube.com/watch?v=Vf42IP__ipw&safe=active

Lagu ini aromanya lebih sedih, tapi Reff-nya enak sekali.

6. Bonjour, et puis, quelles nouvelles?
http://www.youtube.com/watch?v=lRAhUbLKgo0&list=PL8E63652FB0D403FA&safe=active

Kalau dinyanyikan paduan suara jadi lebih ceria. Versi yang ini lebih bening, tapi.

7. April is in my Mistress' Face
http://www.youtube.com/watch?v=EPDltGCotyk&safe=active

Terpesona dengan sahut-sahutan keempat suara, Sopran, Alto, Tenor, Bas. Ini lagu yang indah banget dan keempat pecahan suara semuanya sama-sama enak, tidak ada yang sekadar jadi pelengkap. Mirjam Strmole soprano yang bagus. Yang mengejutkan Alto-nya kuat, sampai di awal saya kira itu suara lelaki. Bas-nya juga terlatih dengan baik, kuat juga. Tenor-nya nggak begitu kuat .-.

8. Queen of the Night, Natalie Dessay
http://www.youtube.com/watch?v=9qqDKUKvoIs&safe=active

Saya penasaran kenapa Natalie Dessay awalnya tidak mau memerankan tokoh antagonis ini. Lagunya, seperti kebanyakan dari Mozart, aria yang bagus. Ada dua bagian yang sangat saya suka dari aria ini, saya kira yang dengar akan langsung menemukannya.

9. Lueur d'été
http://www.youtube.com/watch?v=xHiMm08y9CY&safe=active

Buat yang sudah nonton Les Choristes, kalau tidak salah ini bagian di mana mereka sempat bahagia sebentar di film itu, sebelum runyam lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar