Senin, 30 Mei 2016

Ibu, apakah dunia ini?

(lampu fade in, menyorot tengah panggung)
(Ning sedang bermain dengan batu-batu. Ekspresi wajahnya polos. Lamat-lama terdengar tembang dolanan) (lampu menyeluruh)

Yo prakonco dolanan ing njobo
Padhang bulan padhange koyo rino
Rembulane sing awe-awe
Ngelingake ojo turu sore-sore

(Ning berlari-lari di atas panggung mengikuti suara, ekspresinya tertarik, seolah sedang bermain dengan sebayanya)

Ayo teman bermain di halaman
Terang bulan terang bagaikan siang
Rembulannya melambai-lambai
Mengingatkan jangan tidur sore-sore

(tembang hampir habis, Ibu memasuki panggung, wajahnya penuh kehangatan)

Ibu: Ning... ayo makan dulu!
Ning: Ya, Ibu.

(Ning menghampiri ibunya, mereka saling tersenyum lalu bergandengan tangan keluar panggun)
(lampu fade out)

(terdengar suara mesin jahit dan Ibu berdeham-deham)
(lampu fade in)
(Ibu sedang menjahit, ekspresinya tenang. Ning duduk di kursi sebelahnya sambil mengamati)

Ning: Ibu bikin apa?
Ibu: Baju.

(hening sejenak)

Ning: Ibu, apakah dunia ini?

Dunia ini adalah persepsi, Nak. Pandangan. Pandanglah dengan nurani yang lurus. Sehingga orang akan mendengar nurani itu dari apa yang kamu perbuat. Pemikiran tak mempunyai kebenaran atau kesalahan yang hakiki, tetapi nurani takkan menyalahi kebenaran atau membenarkan kesalahan. Nurani bicara sendiri.

Ning: Oke... (mengangguk) mmm... Bisa lebih sederhana lagi nggak?
Ibu: Ha ha ha... kamu pasti ngerti kok kalau sudah lebih besar.
Ning: Ibu sih... Pake bahasa tingkat tinggi.
Ning: Bu, aku takut jadi roang dewasa. Aku mau jadi anak-anak, terus sama ibu. Orang dewasa nggak boleh takut, soalnya, siapa yang nanti bilang sama anak-anaknya kalau gelap itu sebetulnya bumi lagi selimutan? Padahal aku masih takut, Bu... Dunia ini begitu besarnya.
Ibu: Ibu ngerti. Kamu tidak perlu takut, Ning... Jadi orang dewasa sama enaknya kok. (tersenyum)
Ning: Sama sulitnya, maksud Ibu.
Ibu: Iya.
Ning: Berarti gampang dong.
Ibu: Lha, gampang nggak jadi anak-anak?
Ning: Nggak terlalu sih...

(lampu fade out)

1 komentar:

  1. Silahkan di kunjungi ya kawan-kawan 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    Asiawin77 : 1 DOMPET DEPOSITO Untuk Semua Permainan !!
    WELCOME BONUS 100%
    SPORTSBOOK | CASINO | POKER | SLOT MACHINE | Live Game
    Tentunya dengan berbagai BONUS-BONUS:
    - Minimal Deposit Rp 50.000 & Withdraw Rp 50.000
    - BONUS NEW MEMBER SPORTBOOK 100%
    - Bonus Sportsbook Cashback Up to 15%
    - BONUS RoLLINGAN LIVE CASINO 0.8%
    - BONUS REFFERAL 2.5%
    Gabung yuk bersama dengan kami di ASIAWIN77.COM
    Terpercaya Sejak 2016 - MENANG BERAPAPUN KAMI BAYAR
    Proses Deposit / Withdraw gak pake ribet, proses CEPAT !!
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT ASIAWIN77.COM 24 JAM ONLINE : https://lc.chat/now/8533171/
    Pin BBM : DD39B9B1 / asiawin
    LINE : asiawin77
    WHATSAPP : +62 812-9178-8669
    Prediksi Bola
    Cerita Dewasa
    Cerita Semi
    Cerita Sex
    Prediksi Togel
    Judi Online
    Agen Bola

    BalasHapus